Cara Menyalin Teks Dari Hasil Scan Ke Ms Word Menggunakan OCR - Pada ketika Anda membaca sebuah artikel yang sangat menarik di sebuah buku atau majalah, mungkin timbul impian Anda untuk menyalin atau menuliskan artikel tersebut dan menyimpannya kedalam file Microsoft Word, namun Anda malas bila harus mengetikan semua teks yang ada. Untuk menyalin teks dari sebuah buku ke Ms word tanpa harus mengetikannya, maka yang Anda butuhkan yaitu sebuah aplikasi yang sanggup mengenali karakter dan angka didalam gambar yaitu berjulukan OCR.
OCR (Optical Character Recognition) yaitu perangkat lunak pengenal karakter optik yang bekerja dengan cara mengenali bentuk goresan pena yang berada didalam sebuah gambar. Berikut langkah-langkah menyalin teks hasil scan ke microsoft word yang harus Anda lakukan :
1. Siapkan aplikasi FreeOCR :
- silahkan download di : http://www.paperfile.net/download.html
- sehabis tamat download, install ke dalam komputer/laptop Anda.
2. Siapkan teks yang ada di buku yang ingin disalin :
- silahkan scan buku yang teks-nya ingin disalin.
- Anda juga sanggup menyalin teks dari gambar yang tersimpan didalam komputer Anda.
Cara memakai aplikasi FreeOCR
1. Buka aplikasi yang telah Anda install di komputer Anda.
2. Pada aplikasi, klik "Open", temukan file gambar hasil scan Anda, klik "Open".
3. Setelah memasukan file gambar hasil scan, klik "OCR" :
- klik "OCR Current Page" untuk menyalin teks yang telah Anda pilih (diblok).
- klik "OCR All Pages" untuk menyalin seluruh teks.
4. Hasilnya akan terlihat pada jendela window yang ada disebelah kanan. Untuk menyimpannya di Ms Word, silahkan klik icon Microsoft Word.
5. Lihat hasilnya. Mungkin Anda perlu melaksanakan sedikit perbaikan pada karakter atau angka yang tidak terbaca. Untuk menghapus text window, klik tanda silang merah.
Demikian Cara Menyalin Teks Dari Hasil Scan Ke Ms Word Menggunakan OCR yang sanggup Anda lakukan. Dengan cara ini, maka Anda tidak perlu lagi mengetikan semua teks yang ingin disalin dan menyimpannya ke Microsoft Word. Semoga bermanfaat.